Sudahkah Pengolah Tambang Emas Palu, CPM Turut Sejahterakan Warga?

  • Whatsapp
MANAGER Goverment Relations and Permit PT Citra Palu Minerals, Amran Amier memberikan penjelasan tentang operasional perusahaan di depan awak media, Rabu (3/4/2024). FOTO: AGUS PANCA SAPUTRA

PALU,- Tiap hari 4.500 ton ore diolah. Itulah yang dilakukan PT Citra Palu Minerals (CPM) di wilayah Poboya Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Bermodal kontrak karya 84 ribu hektare.

Saat ini blok yang diolah CPM adalah Blok Poboya, Blok Masamba, Blok Sausu, Blok Dondo, Blok Lobu dan Blok Labuan Toposo. Demikian keterangan Manager Goverment Relation and Permit PT CPM, Amran Amier dikutip dari suktengterkini.com Kamis 4 April 2024.

Bagaimana kehidupan masyarakat lingkar tambang wilayah pertambangan dan industri emas di Palu itu? Bagaimana kontribusinya kepada pemerintah kota? Benarkah CPM ikut andil berperan aktif menurunkan kemiskinan masyarakat kota? Hingga kini pertanyaan – pertanyaan subtansial belum tegas dan jelas disampaikan CPM dan Pemkot Palu ke publik. Lantas siapakah PT Macmahon Mining Service?

Dalam kesempatan itu, Amran hanya menyebut aktifitas di enam blok tersebut. Hanya Blok Poboya yang instensif dikelola. Bahkan, seluruh teknologi canggih telah dibangun di blok tersebut.

“Teknologi canggih kami mulai dari aktivitas penambangan hingga pengolahan limbah. Untuk limbah, kami punya teknologi baru yakni tailing filter press yang hasil materialnya sudah di bawah ambang batas baku mutu,” jelas Amran disela buka puasa bersama media, Rabu (3/4/2024).

Berita terkait