Hari Ini Uji Coba Kereta Tanpa Rel IKN Dimulai

  • Whatsapp
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berdiri di samping kereta otonom Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Tangkapan Layar Instagram Budi Karya)

Jakarta,- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal melakukan uji coba kereta Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, uji coba kereta otonom pada pada Senin (5/8/2024) ini dapat berjalan lancar.

​”Trem otonom akan diuji coba secara internal, lalu dilanjutkan dengan uji coba bersama Presiden Joko Widodo pada Kamis ini. Semoga semua berjalan dengan lancar,” kata Menhub dalam unggahan di akun Instagramnya.

Menhub menuturkan, rencana pelaksanaan showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024. “Saya berharap semua proses ini dapat berjalan sesuai rencana. Dengan begitu, trem otonom sudah bisa beroperasi di IKN pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti, sesuai arahan Presiden,” kata Menhub.

Menhub juga menyampaikan bahwa operasional trem otonom di IKN tahap awal akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder).  Khususnya, bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI.

Moda transportasi ini akan beroperasi di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur IKN. ART in new memiliki kecepatan jelajah 40 km/jam.

“Semoga trem otonom ini bisa menjadi salah satu ikon transportasi cerdas di kawasan IKN,” ujar Budi Karya seperri dikutip dari laman kemenhub.gi.id

Berita terkait