HUT RI Di Momen Pilkada 2024, Akademisi: Kebebasan Tanpa Tekanan Dan Intervensi

  • Whatsapp

Editor/Sumber: Faqih Azzura/ Tribunpalu

Wakil Rektor IV Universitas Jakarta DR Andi Muh Yuslim Patawari menilai HUT Kemerdekaan RI tahun ini harus menjadi pemersatu rakyat di tengah gesekan politik dalam momentum Pilkada 2024. Menurutnya, momentum Kemerdekaan di tengah gesekan dan tekanan politik menjadi ujian bagi bangsa dan rakyat.

Olehnya, HUT Kemerdekaan RI hari ini harus dimaknai kebebasan membangun tanpa adanya tekanan dan intervensi. “Tantangan yang lebih berat bagi bangsa sebenarnya, bagaimana mengisi kemerdekaan menuju bangsa adil, makmur serta menjadi bangsa besar yang dihormati,” ungkap Dr AYP dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/8/2024).

Pria kelahiran 9 Maret 1978 itu menjelaskan, setiap warga Indonesia saat ini berkomitmen meneruskan perjuangan dan menjadi bangsa yang lebih baik lagi. Hal itu demi menciptakan kondusifitas keamanan dan menjaga kedaulatan dalam bernegara. “Dengan umur Indonesia yang sudah 79 tahun, harusnya kedewasaan berdemokrasi mengalir tanpa intrik kekuasaan. Kekuasaan itu tidak akan langgeng bila bertentangan dengan adat, tradisi dan aturan,” kata Asesor Kompetensi BNSP tersebut.

Berita terkait