Tujuh Penyebab Kulkas Nggak Dingin dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. (SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA)

Jakarta,- Kulkas tidak dingin merupakan permasalahan yang tentu tidak pernah diharapkan oleh setiap pemilik kulkas. Sayangnya, permasalahan ini mungkin terjadi sewaktu-waktu pada jenis kulkas apa pun.

Kulkas yang tidak dingin justru bisa merusak bahan makanan dan membuatnya tidak awet. Hal itu tentu merugikan penghuni rumah karena bisa saja makanan maupun bahan makanan berujung dibuang lantaran tidak tahan lama apabila kulkasnya tidak dingin.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin, misalnya pengaturan suhu yang tidak tepat. Akan tetapi, bukan itu saja penyebab kulkas tidak dingin, masih ada yang lainnya.

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa (13/8/2024), berikut penyebab kenapa kulkas kamu jadi nggak dingin.

1. Pengaturan Suhu yang Tidak Tepat

Penyebab kulkas nggak dingin dengan baik adalah pengaturan suhu. Periksa pada kontrol pengatur suhu untuk menentukan suhu yang disetel di kulkas. Pastikan juga pada bagian freezer. Jika suhu terlalu tinggi, atur suhunya untuk memastikan makanan dan minuman di dalam kulkas tetap dingin. Setelah suhu diubah, tunggu sekitar 24 jam agar suhu di dalam kulkas menjadi stabil.

2. Isi Kulkas Terlalu Penuh dan Berantakan

Jika isi kulkas terlalu penuh, kulkas akan kesulitan untuk mengatur suhu. Apalagi kalau isinya berantakan dan barang ditumpuk sembarangan maka bisa berdampak pada pengoperasian mesin pendingin. Kamu harus mengurangi jumlah makanan, minuman, dan barang lain yang disimpan di kulkas tetapi jangan juga dibiarkan kosong. Jadi sebaiknya, isi kulkas sekitar setengah hingga 3/4-nya agar proses pendinginan lebih optimal.

Berita terkait