Tujuh Penyebab Kulkas Nggak Dingin dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. (SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA)

Atur Isi Kulkas

Mengatur isi kulkas dapat mengatasi permasalahan kulkas tidak dingin. Sebab, isi kulkas yang terlalu penuh dapat membuat kulkas sulit untuk mengatur suhunya. Hal itu juga sama ketika isi kulkas berantakan atau bertumpuk-tumpuk.

Mengatur isi kulkas juga dapat melancarkan sirkulasi udara dingin di dalamnya. Hal itu karena bisa saja isi kulkas menghalangi ventilasi udara di dalam kulkas.

Bersihkan Gulungan Kondensor

Kondensor yang kotor bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Bersihkan gulungan kondensor dengan vacuum cleanser kecil untuk membersihkan debu. Membersihkan gulungan kondensor perlu dilakukan beberapa kali dalam setahun agar kulkas tetap dingin.

Cek Temperatur Kulkas

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah suhu yang tidak sesuai. Maka dari itu, kamu perlu mengecek suhu kulkas tersebut apakah sudah sesuai atau terlalu tinggi.

Jika suhu tinggi, kamu bisa menyesuaikan suhunya. Nah, setelah suhu diubah diperlukan waktu 24 jam agar suhu di dalam kulkas stabil.

Sebagai informasi, pedoman dari Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, suhu dalam kulkas harus sekitar 40 derajat Fahrenheit atau 4,4 derajat Celcius, sementara suhu freezer harus 0 derajat Fahrenheit atau -17 derajat Celcius.

Gunakan Jasa Profesional

Jika sudah melakukan cara-cara di atas namun kulkas masih tidak dingin, segera panggil tukang servis kulkas profesional.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kulkas yang tidak dingin. Semoga bermanfaat!. ***

Sumber: detik.com

Berita terkait