Tujuh Penyebab Kulkas Nggak Dingin dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. (SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA)

6. Segel Karet Pintu Kulkas Kotor atau Rusak

Pintu kulkas memiliki segel yang membantu mencegah udara dingin merembes keluar dari dalam kompartemen. Jika segel pada pintu terlalu kotor, aus, atau rusak, hal tersebut dapat menyebabkan pintu tidak dapat menutup dengan benar, sehingga menyebabkan kebocoran udara dingin dari kulkas dan mengurangi kemampuan pendinginan. Jika segel kotor kamu bisa membersihkannya dengan kain lembab dan sabun cuci piring. Namun, jika segel sudah aus atau rusak parah kamu harus menggantinya dengan yang baru.

7. Kurang Suplai Listrik

Jika kulkas tidak mendapat aliran listrik yang cukup maka nggak bisa mempertahankan pendinginan. Cek bagian belakang kulkas untuk menemukan stekernya dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Jika kulkas nggak dingin dan lampu mati meskipun alat sudah tersambung ke stopkontak, maka kulkas tidak menerima aliran listrik.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Jika kulkas kamu tidak dingin, jangan khawatir. Dilansir dari Forbes Home, berikut ini cara mengatasi kulkas tidak dingin di rumah.

Ganti Gasket pada Pintu Kulkas

Gasket pada pintu kulkas membantu untuk menahan udara dingin kulkas agar tidak keluar. Jika segel gasket sudah rusak atau kendor maka perlu diganti.

Berita terkait