Papua Masuk Daftar Provinsi Terima Alokasi Anggaran Tertinggi di Indonesia

  • Whatsapp
Suasana di dalam ruang Sidang Majelis Umum (SMU) ke-79 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat. Tidak hanya Debat Umum, SMU PBB yang dimulai sejak 24-30 September, juga dirangkaikan dengan sesi hak jawab. (Foto: UN Photo/PBB)

Mariska juga turut memaparkan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua dan Papua Barat. Ia mengatakan, pembangunan manusia menjadi prioritas utama di Papua.

Selama satu dekade terakhir, IPM di Papua telah dilaporkan mengalami peningkatan. Yakni, dari 54,45 menjadi 61,39, sedangkan di Papua Barat dari 59,60 menjadi 65.

“Beralih dari status rendah ke menengah menurut standar UNDP. Tingkat kemiskinan juga mengalami penurunan yang signifikan dan angka harapan hidup meningkat secara signifikan,” ujar Mariska.

Sebelumnya, PM Vanuatu menyerukan agar hak masyarakat adat di Papua Barat atas tanah adat dan budaya mereka dihormati. Selain itu, ia mengharapkan, masyarakat Papua Barat bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait