Presiden Kim Jong Un Tembak Mati 30 Pejabat Korut gegara Gagal Atasi Banjir

  • Whatsapp
FOTO: VIA REUTERS/KCNA

Korut,– Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, menghukum mati sekitar 30 pejabat. Mereka dilaporkan ditembak karena gagal menghalau banjir besar yang melanda negeri itu.

Eksekusi Pejabat Daerah

Dilansir detikNews, Korea Utara dilanda banjir besar yang menewaskan ribuan orang di wilayah utara negara itu pada Juli 2024 lalu. Para pejabat yang dieksekusi itu berasal dari pemerintah daerah yang dilanda banjir.

Laporan TV Chosun, sebagaimana dilansir The Straits Times dan Independent, Kamis (5/9/2024), puluhan pejabat itu dieksekusi pada Agustus 2024 lalu. Hal itu dilaporkan TV Chosun yang mengutip seorang pejabat pemerintah Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya.

Banjir dahsyat itu diperkirakan telah menewaskan ribuan orang di daerah yang paling parah dilanda banjir, yakni provinsi Chagang. Badan Intelijen Nasional Korea Selatan sedang memantau situasi dengan seksama setelah mendapatkan informasi intelijen terkait perkembangan tersebut, kata seorang juru bicara badan mata-mata itu melalui telepon, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Namun, Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani hubungan dengan Korea Utara menolak berkomentar.

Berita terkait