Tasman Banto Donasikan Bukunya ke SMP Al Azhar dan SMAN1 Palu

  • Whatsapp

PALU,— Wartawan Mercusuar, Tasman Banto menyumbangkan buku karyanya berjudul Likuefaksi Palu Menggemparkan Dunia ke perpustakaan SMP AL Azhar Mandiri Palu dan perpustakaan SMA Negeri 1 Palu, Senin (30/9).

Masing-masing perpustakaan sekolah itu ia mendonasikan lima examplar buku.
Di SMP Al Azhar, buku diterima kepala perpustakaan sekolah, Moh. Syafii dan Ali Imran S.Pd mewakili kepala sekolah.

Sedangkan di SMAN 1 Palu, buku diterima kepala sekolah, Dahlan M. Saleh, S.Pd, M.Si.
Menurut Tasman, buku setebal 150 halaman itu menyanjikan suasana dan cerita sejak awal terjadinya gempa, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala. Kemudian bantuan pangan dan sukarelawan berdatangan dari berbagai kota termasuk dari luar negeri.

Di bagian terakhir, para ilmuwan dunia terkejut dengan bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah. Bahkan, ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) pun ikut terkejut.

Hingga kini Tasman sudah menulis tiga buku. Buku pertama La Ode Kaimuddin, Pemimpin Abad 21. Buku ini ditulis bertiga dengan wartawan Kompas, Yamin Indas (alm) dan wartawan Antara Rolex Malaha. Buku kedua tentang pengalamannya mendonorkan darahnya berjudul Darahku Nyawamu.

Menurutnya, budaya membaca harus terus digaungkan. Sangat diperlukan langkah-langkah untuk mendorong siswa agar lebih banyak memanfaatkan waktu membaca buku. Siswa harus bisa menyediakan waktunya untuk membaca.

Berita terkait