Anwar Hafid Himbau Tingkatkan Minat Baca

  • Whatsapp
banner 728x90
HUT PERPUSTAKAAN KE-37 

BUPATI Morowali, H Anwar Hafid menghimbau kepaada seluruh lapisan masyarakat, baik dari anak-anak hingga orang dewasa untuk meningkatkan minat baca. Hal tersebut disampaikannya saat sambutan dalam peringatan HUT Perpustakaan ke-37 di gedung Serbaguna Kecamatan Menui Kepulauan, Sabtu (13/5/2017). Dalam acara itu juga dibagikan hadiah lomba bagi pemenang lomba menulis cerita, mewarnai dan menggambar tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

“Acara ini sebenarnya sangat penting, tidak dilihat orang, tidak diperdulikan orang, padahal inilah yang akan membuka wawasan dan pengetahuan kita, hanya dengan membaca kita bisa maju, tidak ada peradaban di dunia ini yang tidak dimulai dengan baca” ungkap Anwar.

Untuk menopang minat baca masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali telah memanfaatkan perpustakaan keliling, salah satunya dengan difungsikannya kapal perpustakaan yang sudah diuji di Kecamatan Bungku Selatan, dan akan diupayakan kegiatan serupa bisa terlaksana di semua kecamatan, baik di daratan maupun di pulau-pulau.

Anwar juga menghimbau agar Kepala Desa (Kades) mengupayakan lewat Dana Desa mengalokasikan anggaran pembelian buku sekitar 5 juta rupiah per tahun, yang kemudian dibuatkan rak di kantor desa serta ditata sedemikian rupa. “Kalau lima juta itu dibelikan buku, sudah sangat banyak, dan ajak masyarakat untuk membaca, ditata dengan baik dan rapi, usahakan bisa menarik minat baca masyarakat” jelas Anwar.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Morowali, H Nafsahu Salili bertekad melaksanakan kegiatan serupa di seluruh wilayah guna mengembalikan minat baca masyarakat yang saat ini mulai pudar, sesuai tema HUT “Kita Jadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Inspirasi Dan Inovasi Melalui Gemar Membaca”. **

reporter/biro morowali: Bambang sumantri

Berita terkait