Satgas Preventif Polres Poso Razia Kendaraan

  • Whatsapp

SATUAN Tugas (Satgas) Preventif Operasi Tinombala 2019 dari Polres Poso melakukan razia terhadap pengguna jalan raya baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat dan roda enam.

Razia ini dilakukan sebagai upaya mendukung jalannya Operasi Tinombala 2019 tersebut di wilayah Kabupaten Poso.

Razia difokuskan pada upaya pencegahan  terjadinya gangguan keamanan khususnya dalam wilayah kota Poso dan sekitarnya.

Razia dilakukan di jalan Trans Sulawesi menuju masuk kota Poso di Desa Lanto Jaya  Kecamatan Poso Kota, yang merupakan pintu masuk ke Kota Poso, Senin 14/1/2019.

Pantauan media di lokasi razia, sejumlah petugas Satgas Preventif dari Polres Poso dengan menggunakan pakaian anti peluru dan senjata lengkap  menghentikan kendaraan yang melintas di poros trans Sulawesi tersebut dan memeriksa barang  bawaan serta penumpang  juga kelengkapan surat surat kendaraan.

Razia dilakukan kurang lebih satu jam dan berlangsung lancar. Pada razia itu petugas Satgas Preventif dari Polres Poso, tidak menemukan barang-barang yang mencurigakan serta target dari DPO anggota Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Selain melakukan razia kendaraan, petugas dari Satgas  Preventif dari Polres Poso juga menyambangi rumah warga untuk memberikan informasi dan meminta peran serta warga masyarakat agar dapat melaporkan kepada petugas baik Polri maupun TNI terdekat, ketika mengetahui dan melihat keberadaan DPO Kelompok MIT.

Sehari sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala 2019 dengan menggunakan helikopter milik TNI AU menyebarkan Selebaran yang memuat foto 14 Orang DPO Kelompok MIT pimpinan Ali Kalora dari Udara. Sebanyak 1500 lembar Selebaran tersebut disebar  di wilayah Kecamatan Poso Pesisir, Kecamatan Poso Pesisir Utara dan sebagian di wilayah Kabupaten Parigi Moutong hingga ke-kecamatan Lore bersaudara atau lembah Napu.

Dalam selebaran itu, pihak Satgas Operasi Tinombala 2019  meminta seluruh DPO anggota Kelompok MIT pimpinan Ali Kalora untuk menyerahkan diri ke Polres Poso hingga tanggal 21 Januari 2019.

Selain melakukan penyebaran Selebaran, Satgas Operasi Tinombala 2019 yang melibatkan ratusan  aparat gabungan dari Polri dan TNI dari satuan Brimob, Kostrad dan Kopasus, melakukan pengajaran terhadap 14 orang DPO Kelompok MIT  yang diperkirakan bersembunyi di wilayah pegunungan serta hutan  di  Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara, Lembah Napu dan wilayah Kabupaten Parigi Moutong.**

Reporter/Poso: Ishaq Hakim

Berita terkait