Belum Ada Realisasi, Warga Transmigrasi Siap Demo Pemkab Morowali

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali,- Warga Transmigrasi Kecamatan Bungku Barat, berencana segera melakukan aksi demonstrasi secara besar-besaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali. 

Rencana aksi itu kembali muncul akibat apa yang telah dijanjikan kepada warga Transmigrasi Kecamatan Bungku Barat terkait penyelesaian masalah legalitas hingga saat ini belum juga terealisasi.

Beberapa pekan lalu, warga Transmigrasi Bungku Barat berniat ingin melakukan demontrasi untuk menuntut hak mereka soal legalitas tanah yang mereka tempati sekarang, namun sempat ditunda karena masih mengikuti proses mediasi.

Ketua Aliansi Warga Transmigrasi Kecamatan Bungku Barat, Muchtar saat ditemui media ini Senin (10/12/2019) menyatakan bahwa rencana aksi besar-besaran yang ingin mereka laksanakan sebagai bentuk kekecawaan warga Transmigrasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali yang terkesan cuek dengan permasalahan yang mereka alami sekarang.

“Rencananya, kami akan melakukan demo pada hari Kamis tanggal 12 Desember ini” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa permasalahan legalitas lahan yang selama ini mereka tuntut sampai saat ini belum diterbitkan. Ditambah lagi, soal pembinaan bagi seluruh UPT Transmigrasi maupun eks UPT Transmigrasi sampai saat ini belum dilakukan oleh Pemkab Morowali.

“Masalah legalitas tanah milik warga Transmigrasi di Kecamatan Bungku Barat ini, harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan, apabila dibiarkan seperti ini, akan menghambat perkembangan ekonomi dan sosial kemasyarakatan, kami merasa tidak dihargai, seolah-olah dianak tirikan dalam penanganannya” ungkap Muchtar. ***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait