Berkunjung ke KPH Banawa Lalundu, Dishut Kalteng tertarik kembangkan Industri Kelor

  • Whatsapp
Kunjungan Dishut Kalteng ke KPH Banawa Lalundu, tertarik kembangkan Industri Kelor (30/01)
banner 728x90

Palu,- Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Biro Hukum Setda Kalimantan Tengah, USAID Lestari Kalimantan Tengah, GGGI Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka Peningkatan Kinerja Unit Pelaksanaan Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH). Kunjungan ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 29 s/d 30 Januari 2020.

Dalam kunjugan ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Kehutanan 4 orang, perwakilan Biro Hukum Setda Kalimantan Tengah 1 orang, perwakilan Biro Hukum Setda Kalimantan Tengah 2 orang dan GGGI Kalimantan Tengah 1 orang.

Tujuan kunjungan tersebut dalam rangka pembelajaran pengelolaan hutan oleh KPH, yakni mengenai penyusunan regulasi daerah terkait kerjasama di pemanfaatan hutan di wilayah KPH, tentang peran KPH dalam mengelola HHBK dan Jasa Lingkungan serta kontribusi terhadap peningkatan PNPB dan Pendapatan Asli Daerah Selain itu membahas mengenai Peran KPH dalam peningkatan akses kelola perhutanan sosial dan penanganan konflik tenurial di kawasan hutan serta dukungan operasionalisasi KPH.

KPH Banawa Lalundu menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja dalam kegiatan tersebut. Bapak Ir. Susanto Wibowo S,Hut, M.Si selaku Kepala KPH Banawa Lalundu menerangkan bahwa dalam kesempatan ini mereka ingin mempelajari pola pengelolaan hutan berbasis resort dan melakukan kerjasama yang baik dengan beberapa Stakeholder. Kerjasama dimulai dari MOU antara Walikota dengan Gubernur dalam pemanfaatan kawasan, kerjasama dengan beberapa pihak NGO mengenai pengelolaan dan pengembangan produk HHBK serta kerjasama dengan pemerintah Desa dalam pemanfaatan dana desa untuk pengembangan Jasa Lingkungan.

Mereka melihat KPH Banawa Lalundu Jeli dalam mengembangkan Produk Kelor yang dulu tidak dipandang di wilayah KPH dan kini menjadi produk unggulan KPH. Atas dasar tersebut Dinas Kehutanan Kalimantan dalam hal ini KPH Katingan Hulu ingin bekerjasama dengan kami untuk mengembangkan kelor di wilayahnya seluas kurang lebih 100 ha. Mengingat keadaan topografi wilayah KPH Banawa Lalundu dan KPH Katingan Hulu hampir sama” Tuturnya.

KPH Banawa Lalundu sendiri telah membuat Produk Kelor dengan berbagai varian. Antara lain Teh Kelor, Masker Kelor, Aroma Terapi Kelor dan Kernel biji Kelor. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait