HAB ke-74 Diperingati Serentak: Menteri Pesan Jaga Nama Baik Kementerian Agama di Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama digelar serentak di semua kantor dan Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) di bawah naungan Kemenag RI pada Jum’at pagi (3/1).

Di Provinsi Sulteng, upacara dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu di Kanwil Kemenag Jalan Moh. Yamin dan IAIN Palu Jalan Diponegoro.

Wakil Gubernur H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH selaku irup HAB di lingkungan kanwil membaca sambutan tertulis Menteri Agama Fachrul Razi.

Dalam sambutan, jenderal purnawirawan tersebut menegaskan bahwa keshalehan beragama dan loyalitas beragama harus saling mendukung satu sama lain.

Sehingga HAB 2020 mengangkat tema, “Umat Rukun, Indonesia Maju” dengan tujuan agar umat beragama berperan menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan sebagai modal utama membangun bangsa dan menjaga persatuan.

Sejalan itu, Ia minta aparatur kemenag menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan dan pelayanan yang kian mengedepankan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas serta bebas KKN.

“Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan,” tutur wagub meneruskan pesan menteri ke peserta upacara.

“Berikan seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik kementerian agama,” pungkasnya.

Rangkaian upacara di kanwil provinsi juga menampilkan aksi marching band pelajar madrasah dan penyerahan satya lencana pengabdian masing-masing 10, 20 dan 30 tahun serta penghargaan bagi madrasah, guru dan pelajar madrasah berprestasi tahun 2019.

Diantara penerima ialah Kakanwil Dr. Rusman Langke, M.Pd yang menerima satya lencana pengabdian 30 tahun. Kemudian MAN 1, MTsN 4 dan MIN 1, masing-masing menyabet predikat sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2019.

Usai upacara digelar lomba tumpeng hias dan ramah tamah di lantai 2 kantor.

Nampak hadir Karo Kesejahteraan dan Kemasyarakatan Dra. Sitti Hasbiah Zaenong, M.Si, forkopimda, perwakilan perbankan syariah, purna bakti kemenag dan mitra kerja. ***

Sumber: Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng

Berita terkait