SDC Morowali Siap Upayakan Peningkatkan SDM Bidang Konservasi

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali,- Beragam isu tentang lingkungan yang berkembang, semakin menjadi kekhawatiran bagi semua pihak, tidak terkecuali organisasi penggiat lingkungan di Morowali, Sombori Diving Club (SDC).

Pengawasan, pelestarian ekosistem, biota laut yang dilindungi diperlukan sebagaimana Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tentang zonasi wilayah konservasi.

Menyikapi hal itu, Ketua SDC Morowali, Kasmudin mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan sumberdaya manusia di wilayah pesisir dan pulau, dalam bidang konservasi. 

“Sesuai schedule dan rekomendasi yang telah diberikan Bupati Morowali, SDC Morowali telah mempersiapkan beberapa inovasi pelatihan peningkatan skill masyarakat di beberapa desa yang masuk dalam kawasan konservasi Sombori” kata Kasmudin.

Ia mengatakan, SDC Morowali bersama jajaran pengurusnya sudah bersepakat membentuk panitia khusus untuk keliling pulau selama kurang lebih 1 bulan.

“Untuk peserta adalah delegasi Pemerintah Desa dan materi pelatihannya seputar pelatihan dasar selam, pengetahuan tentang ekosistem dan biota dilindungi, serta teknik rehabilitasi terumbu karang atau transplantasi” jelas Kasmudin.

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan itu kata Kasmudin dan akan melibatkan beberapa instansi terkait, mulai dari Dinas Kelautan Perikanan Daerah, Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan konservasi berbasis masyarakat desa wisata, tujuannya agar kedepan seluruh masyarakat bisa lebih cinta terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem laut” tandasnya. ***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait