Dihadapan Jajaran Pemkab Toli-toli, NSL: Sudah Waktunya Reinventing Goverment

  • Whatsapp

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Nilam Sari Lawira, SP.,MP bersama sejumlah Anggotanya melakukan tatap muka dengan jajaran Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Toli-toli pada rabu pagi (19/2/2020), di Aula Wisma Daerah Balre Tau Dako Lipu Toli-toli. Kegiatan tatap muka tersebut dilaksanakan disela-sela kunjungan kerja Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka koordinasi dan komunikasi dalam daerah di Kabupaten Toli-toli.

Saat menyampaikan arahannya, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Nilam Sari Lawira, SP.,MP mengatakan 20 tahun sudah kita merasakan otonomi daerah, tetapi sampai saat ini kita belum mampu membangun konsep reinventing goverment (pemerintahan wirausaha) yang dapat mendorong pikiran dan gagasan pengelolaan pemerintahan daerah yang berbasis peningkatan kemampuan usaha daerah, terutama kemampuan fiskal. Hal itu menurutnya bisa tumbuh kalau Peraturan Daerah terkait pajak dapat dimaksimalkan. Dalam kerangka itulah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah perlu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah serta seluruh stakeholder yang ada. Hj. Lawira menambahkan DPRD Provinsi Sulawesi tengah memfokuskan diri pada pengembangan kemampuan fiskal daerah serta peran DPRD, sehingga dibutuhkan input daerah dari segi legislasi yang berorintasi income atau pendapatan daerah.

Bacaan Lainnya

banner 300x90

Sebelum arahan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Bupati Toli-toli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding pada kesempatan itu mengatakan melalui kunjungan kerja Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah ini diharapkan dapat dibangun komunikasi dan sinergitas agar tercipta sinkronisasi program pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan pemerintah Kabupaten Toli-toli dalam mewujudkan Toli-toli yang Sejahtera, Berkarakter Aktif, Adil dan Religius. Pemerintah Kabupaten Toli-toli kata Wabup menaruh harapan besar kepada DPRD Sulawesi Tengah, untuk memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah daerah dalam merealisasikan aspirasi masyarakat di daerah ini khususnya yang terkait dengan permasalahan aktual dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan.

Pada kesempatan itu, selain memperkenalkan kondisi geografis wilayah Kabupaten Toli-toli, Wakil Bupati juga menyampaikan musibah kebakaran yang terjadi awal Februari di Kelurahan Sidoarjo. Selain menyampaikan jumlah rumah yang terbakar serta jumlah jiwa yang kehilangan tempat tinggal, Wakil Bupati juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dalam menangani sekaligus meringankan beban warga masyarakat yang terdampak kebakaran selama masa tanggap darurat bencana tahap pertama dari tanggal 3 sampai dengan 16 Februari dan diperpanjang hingga tanggal 8 Maret 2020.

Turut serta dalam kunjungan kerja ini salah seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah RI DR. Muhammad J. Wartabone, SH.,MHi, Acara tatap muka turut dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Toli-toli, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah serta pejabat Pemda Kabupaten Toli-toli lainnya. Usai acara tatap muka, baik Ketua dan seluruh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah maupun Wakil Bupati serta sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Toli-toli memberikan sumbangan berupa uang yang dilakukan secara spontanitas untuk diserahkan kepada korban kebakaran Kelurahan Sidoarjo.***

Sumber/ Editor: humas pemkab tolitoli/ andono wibisono

Pos terkait

banner 580x60