Mobile Aplikasi Justice Elektronik dan Informasi (JOS) dan E-P3PK PN Donggala Resmi Diluncurkan

  • Whatsapp
banner 728x90

Donggala,- Bupati Donggala Drs.Kasman Lassa,SH.MH menghadiri Kegiatan Penandatanganan MoU antara Pengadilan Negeri Donggala, Kejaksaan Negeri Donggala, Polres Donggala dan Polres Sigi sekaligus meresmikan Launching  Aplikasi Pengadilan Negeri Donggala Justice Elektronik dan Informasi (JOS) dan E-P3PK (Penahanan, Penggeledahan, Penyitaan untuk Penyidik dan Kejaksaan pada Pengadilan Donggala), Rabu (04/03/2020).

Kegiatan Penandatanganan MoU dan Launching Aplikasi tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Donggala Takwin,S.Sos.I dan Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala H.Aidil Noor,SH.M.Si.

Bupati Donggala dalam sambutannya mengatakan, hari ini apa yang dilakukan adalah merupakan bentuk kegiatan yang penting dan Strategis dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Donggala sangat mengapresiasi untuk kegiatan tersebut.

“Dimana kegiatan ini merupakan layanan yang sangat tinggi dalam rangka mendorong percepatan layanan-layanan berkaitan dengan E-P3PK,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan Aplikasi tersebut bisa menghemat biaya dan waktu khususnya bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari Ibu Kota Kabupaten Donggala. Ia pun berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi Pengadilan Negeri Donggala Justice Elektronik dan Informasi, ringkasnya.

Ketua Pengadilan Negeri Donggala Lalu Mohammad Sandi Iramaya,SH menyampaikan bahwa lahirnya Aplikasi Pengadilan Negeri Donggala Justice Elektronik dan Informasi dan MoU merupakan wujud komitmen dari Pengadilan Negeri Donggala sebagai Provost/Garda depan Mahkamah Agung.

“Untuk melaksanakan Sinergi antara rencana Strategis pelayanan Publik dan manajeman perkara pada Pengadilan Negeri Donggala dengan rencana Strategis Mahkama Agung RI yang tertuang dalam cetak Biru Mahkama Agung RI 2010-2023,” ujarnya.

Yang mana dalam pelaksanaan business process dan pelayanan Publik ditekankan pada pelayanan Publik Berbasis Elektronik dan Manajemen Perkara Berbasis Elektronik.

Ini akan meningkatkan layanan kepada masyarakat, mempercepat penyelesaian administrasi perkara, muaranya untuk mempercepat proses sidang dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Sehingga cita-cita menempatkan Pengadilan Negeri Donggala sebagai lembaga yang mengayomi, melindungi dan memberikan keadilan dan Visi Mahkama Agung RI untuk terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung benar-benar menjadi kenyataan.

“Adapun cara penggunaan Aplikasi Justice Elektronik dan Komunikasi yaitu dengan membuka Situs Resmi Pengadilan Negeri Donggala di https:/www.pn-donggala.go.id/Download dan Instal di Smartphone yang anda gunakan,tutupnya. ***

Reporter: Syamsir Hasan

Berita terkait