120 Ribu KK di Sulteng Akan Terima Rp600 Ribu Dana Tunai Sejak April

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Sebanyak 120 Ribu Kepala Keluarga (KK) di Sulawesi Tengah (Sulteng), akan menerima Rp 600 Ribu Dana Tunai Sejak bulan April hingga Juli tahun 2020. Dana ini akan di berikan oleh Kementerian Sosial, dalam rangka pencegahan dampak Covid-19.

Hal itu dikatakan, Menteri Sosial RI saat melakukan video conference diruang kerjanya bersama Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Se- Sulawesi Utara (Sultra), Rabu (15/04/20).

Gubernur Sulteng diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr H Moh Hidayat Lamakarate, M.Si didampingi Asisten Adm. Pemerintahan dan Kesra Ir Moh. Faizal Mang,MM, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Drs Ridwan Mumu, M.Si, ikut dalam conference itu.

“Saya mengimbau pemerintah daerah agar segera melakukan pendataan penerima bantuan tersebut. Agar secepatnya dapat digulirkan kepada masyarakat yang berhak menerima sesuai dengan data pemerintah daerah,” kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

Diapun mengharapkan, agar pemerintah daerah dapat juga menyediakan melalui relokasi anggaran untuk menyediakan bansos melalui APBD. “Demikian juga melalui Alokasi Dana Desa, supaya pemerintah desa dapat menyediakan bansos,’ ujarnya.

Senada dengan itu, Sekda Sulteng Dr H Moh Hidayat menyampaikan, bila pemerintah daerah melakukan pendataan, diharapkan agar data yang telah terkirim dan terverifikasi untuk segera diberikan bantuan dari pemerintah pusat.

Berdasarkan pengalaman kemarin, kami menangani bencana di Sulteng (bencana 28 September 2018), banyak sekali data yang kami kirimkan, kemudian tidak mendapat bantuan, pungkasnya. ***

Editor: Yohanes Clemens

Berita terkait