Bersama Bupati Banggai, Gubernur Resmikan 3 Pasar

  • Whatsapp
banner 728x90

Banggai,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola bersama Bupati Banggai Herwin Yatim meresmikan 3 Pasar di Kabupaten Banggai tepatnya di Lokasi Pasar Pagimana, Kamis (17/09/2020).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Banggai, Hasrin Karim menyampaikan bahwa sesuai Visi dan Misi Kabupaten Banggai dan untuk meningkatkan Ekonomi Kerakyatan. Dinas Perindag Kabupaten Banggai mewujudkannya melalui peningkatan Infrastruktur Pasar Rakyat.

“Untuk itu tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Tugas Perbantuan dapat membangun 3 Pasar Rakyat antara lain, Pasar Pagimana, Pasar Sindang Sari dan Pasar Sumber Mulia. Tetapi Pemanfaatan Pasar ini tertunda akibat pandemi Covid-19,” kata Hasrin Karim.

Kemudian, Bupati Banggai, Herwin Yatim menyampaikan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur dimasa kepemimpinannya sudah banyak berbuat dan mendorong pertumbuhan pembangunan di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai.

Sebelum melaksanakan peresmian Pasar, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola mengatakan, bahwa kesediaannya untuk meresmikan 3 Pasar Rakyat ini sehubungan dengan bahwa anggaran pembangunan Pasar ini bersumber dari Tugas Perbantuan atau APBN.

“Gubernur sebagai Perwakilan Pemerintah Pusat yang ada di Daerah untuk itulah saya langsung bersedia untuk meresmikan Pasar ini,” kata Longki.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan pembangunan Pasar Pagimana, Pasar Sindang Sari dan Pasar Sumber Mulya pembiayaannya bersumber dari dana APBN Kementerian Perdagangan RI tahun 2019.

Pasar Sindang Sari dan Pasar Sumber Mulya sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan untuk pengembangannya, sehingga Gubernur mengharapkan semoga keberadaan pasar rakyat dengan wajah yang baru ini dapat berfungsi sebagai salah satu akselerator, penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat.

Dikatakannya lagi, bahwa Pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan, kerajinan dan sebagainya. Oleh karena itu, pasar rakyat yang baru dibangun ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah daerah dalam menghadirkan fasilitas perekonomian yang makin memadai di Provinsi Sulteng, khususnya di Kabupaten Banggai.

“Untuk itu, saya mengajak, ayo kita sama-sama merawat dan memeliharanya, terutama saya minta supaya dijaga betul kebersihan, keindahan dan kerapihan penataannya, agar kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor dan jorok bisa dihindari.

Kita semua harus dapat menciptakan pasar yang bersih dan sehat sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat pasar ini dalam jangka panjang begitu juga dengan keamanan dan ketertiban pasar, saya minta kepada pengelola agar menjaganya dengan baik, jangan sampai terjadi aksi-aksi kriminalitas, konflik antar pedagang, monopoli dagang, dan juga kesewenang-wenangan oknum yang suka memungut iuran-iuran ilegal, yang kesemua hal ini dapat mengganggu aktivitas pelaku ekonomi dalam berusaha,” tutupnya.***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait