Wagub Kunjungi Korban Banjir di Sojol

  • Whatsapp
banner 728x90

Donggala,- Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Dg Palabbi didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Ridwan Mumu serta beberapa OPD lainnya melakukan peninjauan ke lokasi banjir di Desa Bou Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala, Kamis (01/10/2020).

Rombongan Wakil Gubernur bertolak dari Kantor Gubernur Sulteng pukul 10.30 WITA dengan pengawalan PJR Polda Sulteng rombongan tiba di lokasi bencana pukul 14.30 atau sekitar 4 jam dengan jarak kurang lebih 230 km.

Tiba di Desa Bou Kecamatan Sojol, tim rombongan Wakil Gubernur mendapat sambutan hangat dari Kabag Umum Kabupaten Donggala Damin, Sekretaris Camat Takbir Amin, Kepala BPD Desa Bou Dunin dan Kepala Dusun 1 Najamuddin serta masyarakat Desa Bou Kecamatan Sojol. Rombongan Wakil Gubernur pertama kali menuju lokasi banjir di dusun 1 yang berada di seputaran kuala yang memiliki panjang sekitar 4 km.

Menurut Kepala BPD Desa Bou, saat banjir datang rata-rata rumah warga di seputaran kuala terendam air dan lumpur. Dirinya meyakini banjir terjadi akibat rembesan air dari pegunungan sehingga kuala menjadi mengikis dan meluap. Menurut Dunin, pemasangan bronjong dan normalisasi sungai diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur didampingi pejabat PU Bina marga dan BWSS terlebih dahulu menyatakan keprihatinannya atas musibah yang melanda Desa Bou khususnya di Dusun 1. Wakil Gubernur selanjutnya meminta agar masyarakat mengajukan proposal kepada gubernur dengan melampirkan foto-foto kerusakan pada Sungai Desa Bou serta dokumen pendukung lainnya.

Wakil Gubernur didampingi Kepala Dinas Sosial dan Pejabat Dinas Kesehatan menyerahkan bantuan sembako dan suplemen serta obat-obatan disalah satu rumah tokoh masyarakat di Desa Bou. Didepan puluhan masyarakat Bou Wakil Gubernur menyatakan keprihatinannya dan meminta kiranya masyarakat dapat bersabar dan berharap kiranya musibah tersebut tidak terjadi lagi. Wakil Gubernur juga menyampaikan kondisi pandemic Covid-19 yang sudah sangat memprihatikan, sehingga rumah sakit di Kota Palu yang melayani penderita Covid-19 sudah penuh.

Setelah bertatap muka dengan masyarakat Dusun 1 Desa Bou Kecamatan Sojol, rombongan Wakil Gubernur selanjutnya menuju ke lokasi kedua korban banjir yang jaraknya masih di dusun yang sama.

Di lokasi yang kedua sebanyak 5 rumah warga Dusun 1 tertimbun material berupa lumpur dan batu akibat longsoran pegunungan yang sebelumnya telah dibersihkan oleh warga secara bergotong royong. Setelah berbincang dan memberi semangat kepada korban banjir, Wakil Gubernur bersama rombongan selanjutnya kembali menuju Kota Palu.

Ikuti mendampingi dalam kunjungan Wakil Gubernur, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, PJR Polda Sulteng, pejabat BWSS, Dinas PU Bina Marga, Dinas Kesehatan serta Biro Humas dan Protokol.***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng/ Syamsir Hasan

Berita terkait