Ini Kata Pihak PLN Rayon Bungku Mengenai Masalah Listrik di Morowali

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali,- Dalam beberapa bulan terakhir, masalah pemadaman listrik masih terus menjadi topik hangat di Kabupaten Morowali.

Pasalnya, setiap hari listrik selalu padam tiba-tiba diluar jadwal yang telah dikeluarkan oleh PLN Rayon Bungku, meskipun saat aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law oleh serikat buruh di Kantor DPRD Morowali belum lama ini, masalah listrik juga menjadi salah satu tuntutan massa aksi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala PLN Rayon Bungku, Amirul Huda yang dikonfirmasi media ini, Selasa (24/11/2020) mengatakan bahwa untuk saat ini, PLN masih mengalami defisit daya pak akibat adanya gangguan pembangkit di PLTD Bahoruru.

“Saat ini kami masih defisit daya, namun teknisi dari Jakarta sedang mengupayakan agar gangguan lekas diselesaikan,” katanya.

Selain itu kata Amirul Huda, gangguan juga dikarenakan musim kemarau sehingga daya mampu PLTM menjadi turun akibat debit air yang kecil. Kedua hal inilah permasalahan yang menyebabkan PLN masih mengalami defisit daya.

Ditanyakan soal keluhan pelanggan tentang rusaknya alat elektronik yang diduga akibat pemadaman yang tidak teratur, Kepala PLN Rayon Bungku menjelaskan bahwa tidak ada keterkaitan kedua hal tersebut.

“Mohon maaf, alat elektronik rusak bukan karena sering hidup matinya listrik, akan tetapi jika tegangan dan frekuensi bermain sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi dari alat elektronik tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihaknya masih mencoba untuk menghandle sendiri melalui perbaikan oleh teknisi dari Jakarta, tanpa adanya peran Pemerintah Kabupaten Morowali.

“InsyaAllah lekas selesai gangguannya,” sambungnya.

Menurutnya, salah satu solusi agar kebutuhan listrik di Morowali terpenuhi adalah dengan adanya peran pihak Pemerintah Daerah untuk meminta tambahan daya kepada pohak PT IMIP.

“Itu bisa menjadi solusi, saat ini hanya 5000 mW, kalau dihitung-hitung dengan daftar tunggu pelanggan, total bisa mencapai 3000 mW,” tandas Amirul Huda yang dikonfirmasi kailipost.com via pesan WhatsApp.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait