2021, Pemda Parimo Kerjasama KKP Buka Penerimaan Peserta Didik Vokasi KP

  • Whatsapp
banner 728x90

Parimo,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kerjasama dengan
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka program penerimaan peserta didik vokasi Kelautan dan Perikanan (KP) pada satuan pendidikan dilingkungan Kementerian KKP.

Melalui Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Riset dan Sumberdaya Manusia (BRSDM) KKP membuka penerimaan peserta didik baru, untuk satuan pendidikan tinggi mulai dari tanggal 10 Mei 2021 hingga tanggal 8 Juli 2021.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong Mohamad Nasir mengatakan, Kementerian KP melalui BRSDM KP menerapkan sistem vokasi dengan pendekatan Teaching Factory (Tefa) yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori.

Kata ia, sistem pendidikan Taruna Taruni secara semi kemiliteran untuk membangun kedisiplinan , kejujuran, jiwa korsa dan team work yang handal dan profesional.

Lanjut Nasir, satuan pendidikan tinggi Kelautan Perikanan yang bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Parigi Moutong adalah Diploma IV Poltek AUP Jakarta, Diploma III Poltek KP Sidoarjo, Poltek KP Bitung dan Poltek KP Bone.

“Jalur penerimaan peserta didik dilaksanakan melalui jalur umum dan jalur khusus,”Kata Nasir, Kamis (27/5/21).

Sambung Nasir, jalur umum terbuka bagi pendaftar yang berasal dari masyarakat umum. Adapun jalur khusus kata ia, terbuka untuk peserta yañg berasal dari anak pelaku utama nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, petambak garam dan pemasar perikanan.

“Pada tahun akademik tahun ajaran 2021/2022, KKP memberikan kesempatan kepada anak pelaku utama untuk mengikuti pendidikan dilingkungan KKP sebanyak 55 persen dari total jumlah yang diterima,”Terang Nasir.

Kata Nasir, para peserta yang sudah mendaftar akan melewati berbagai tahapan penerimaan seleksi akademik yaitu seleksi fisik, seleksi kesehatan dan seleksi wawancara.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penerimaan peserta didik KKP tahun 2021, dapat langsung ke kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong. ***

Sumber: Humas pemkab

Berita terkait