Gubernur Tinjau dan Berikan Bantuan Korban Banjir Rogo

banner 780x80

Palu,- Banjir yang menerjang Desa Rogo Kec. Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, beberapa hari yang menyebabkan kerugian materi yang tidak sedikit. Hampir semua rumah warga diporak-porandakan banjir. Ada 34 unit rumah rusak dan 39 terendam banjir. Yang paling parah terjadi di dusun I Desa Rogo. Olehnya Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura beserta rombongan melakukan peninjauan langsung dan menyalurkan bantuan terhadap masyarakat Desa Rogo, Kamis (2/9/2021).

Gubernur yang didampingi Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata menyalurkan bantuan pribadi, peralatan masak untuk dapur umum dan tabung gas. Selanjutnya Gubernur menyerahkan bantuan Berupa makanan siap saji, Makanan Anak, sembako 200 Paket, Masker medis 500 pcs, Masker kain 1000 pcs, Rapid antigen 100 pcs.

Bacaan Lainnya

Gubernur mengaku, setelah mengetahui ada Bencana Banjir dan Tanah Longsor tanggal 29 Agustus 2021, dan langsung menginstruksikan OPD teknis untuk memberikan  bantuan kepada masyarakat korban bencana tersebut. 

“Pada Waktu Itu sudah Meminta agar OPD Teknis Sensitif untuk melihat dan memperhatikan kondisi Cuaca yang Ekstrim dan Hujan Deras” Setelah terjadi Bencana Dinsos langsung Memberikan Bantuan Beras 15 Ton lewat Pemerintah Kabupaten Sigi, BPBD memberikan Dukungan Peralatan untuk membersihkan Puing-puing tanah longsor.

Pada Kesempatan itu, Gubernur meminta Kepada Satker PJSA dan JICA, kiranya dapat membantu beberapa desa rawan longsor dibangunkan Sabo Dump, seperti yang telah dibangun  JICA di Desa Bangga, Desa Poi, kiranya dapat juga dibangun di beberapa desa Rogo dan Beka.

Selanjutnya Gubernur dan rombongan meninjau Pembangunan Sabo Dum yang di Bangun JICA di Desa Poi untuk melihat progres pembangunan Sabo Dum yang ada di POI dan Bangga Proyek Sabo Dum JICA Goldman Dolinsi.

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta kepada Bupati Sigi agar mendampingi dirinya minggu depan menghadap Menteri PUPR, untuk menyampaikan permohonan pembangunan Pemulihan Bencana Sigi dan Bencana Sulawesi Tengah dan juga Pembangunan Infrastruktur Prioritas yang sudah direncanakan pemerintah Provinsi sulawesi Tengah.

Gubernur juga meminta kepada Bupati Sigi agar mendorong masyarakat untuk memanfaatkan KUR dengan baik. Bupati diminta membentuk Kelompok Kerja mendukung masyarakat mempersiapkan proposal untuk mendapatkan KUR tersebut denngan fasilitas Bunga Rendah dan angunan dibawah 100 Juta tidak ada Agunan. 

“Saya minta juga agar Bank tidak mempersulit Masyarakat untuk memanfaatkan Fasilitas KUR tersebut”, Kata Gubernur.

Beberapa rombongan yang turut  mendampingin Gubernur yakni Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Moh. Nizam, Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, Kalak BPBD Musu Tombolotutu, Kadis Kesehatan I Komang Adi Sujendra, Kadis PU Syafullah Djafar, Kadis Kehutanan Nahardi, Plt. karo Adm Pimpinan  Edy Lesnusa.***

Sumber: Biro AdmPim Pemprov Sulteng

Pos terkait