BCGI Dongkrak Kontribusi PAD Galian C

LUWUK- Berdasarkan kriteria atau indikator yang ditetapkan Pemda Banggai bahwa kontribusi pajak pengambilan bahan galian golongan C terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangatlah besar.

Hal ini diakui Direktur PT. Boby Chandra Global Indonesia (BCGI), Iman Pampawa kepada media Kailipost di Luwuk, Kamis (13/1).

Terlebih katanya dari terjadinya penurunan pencapaian hasil penerimaan pajak pengambilan bagan galian c ditahun sebelumnya.

“BCGI sendiri yang boleh dikata baru seumur jagung beroperasi melakukan pengolahan galian C berupa batu pecah telah memberikan kontribusi ke Pemda Banggai melalui pajak galian C hampir Rp.500 juta,” tandas Iman.

PAD dari sektor pajak ini merupakan kata kunci yang selalu dipergunakan untuk mengukur tingkat perkembangan ekonomi daerah.

“Sehingganya PAD dari sektor pajak khusus galian C ini dipandang perlu mampu memberikan kontribusi positif terhadap Pemda Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Amirudin Tamureka, guna mendorong percepatan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, katanya PAD yang merupakan sumber pendapatan daerah yang secara bebas dapat digunakan oleh Pemda itu sendiri dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan.

Potensi tambang galian C di kab. Banggai merupakan potensi yang perlu dijaga dan dilestarikan agar keberadaannya dapat mendukung dan meningkatkan PAD, apabila dikelola secara baik.

“Potensi tambang galian C, jika dikelola dan dimanfaatkan secara baik, tentu sangat berdampak pada kontribusi terhadap PAD semakin besar,” jelas Iman.***

Reporter Luwuk: MITO

Pos terkait