April 2022 Jembatan Palu IV Akan Dibangun Lagi

  • Whatsapp
banner 728x90

Data redaksi menyebutkan bahwa setelah dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura – Makmun Amir langsung melakukan memberikan dukungan Anggaran untuk Percepatan Rehab dan Rekontruksi Pasca Bencana Alam 2018 lalu di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong. Gubernur Rusdy menggelontorkan bantuan ke Kabupaten Sigi sebesar Rp 6 miliar, bantuan ke Kabupaten Donggala Rp12,150 miliar, bantuan ke Kota Palu Rp37 miliar (termasuk untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Palu IV baru karena ternyata Kementerian PU tidak dibenarkan membantu pembebasan lahan), pematangan lahan pada Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Sulteng Rp3,5 miliar, untuk pembebasan lahan pembangunan SPAM Dinas Cicasda dan SDA Sulteng Rp2,628.500 miliar.

DUA KALI CUDY ANDIL JEMBATAN PALU IV

Apabila nantinya Jembatan Palu IV dibangun kembali dengan dana hibah JICA, maka dapat dicatat ada yang unik. Pertama; jembatan Palu IV dibangun di masa Rusdy Mastura menjabat sebagai Wali Kota Palu. Pembangunannya sempat berpolemik hingga pasca bencana alam 28 September 2018. Karena sekitar Maret 2019 Pemkot membayar kepada kontraktor sisa pembayaran sesuai dengan keputusan Abitrase sebesar Rp14 miliar. Kedua; Jembatan Palu IV dibangun kembali pasca bencana alam dengan dana hibah JICA dan pembebasan lahan yang akan digunakan oprit dan pembangunan disokong oleh Pemerintah Provinsi Sulteng, saat Rusdy Mastura menjabat gubernur.
Dengan adanya infrastruktur Jembatan Palu IV terbangun akan memudahkan akses dan trasnportasi dari jalan lingkar Kota Palu sekitar Teluk Palu yang selama ini porak poranda diterjang tsunami (28 September 2018). Hal ini akan kembali memulihkan dan memudahkan akses ekonomi dari dan keluar Kota Palu dari wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Berita terkait