BPN Palu Digeledah Jaksa, Pejabatnya Pungli?

  • Whatsapp
Tim penyidik Kejati Sulteng saat melakukan penggeledahan di Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palu di Jalan Kartini, Rabu (27/7/2022). FOTO : DOK KEJATI SULTENG
banner 728x90

PALU,– Tim penyidik Kejati Sulteng, melakukan penggeledahan di Kantor  Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palu, Rabu (27/7/2022). Penggeledehan tersebut bertujuan untuk mengungkap perkara tindak pidana korupsi Pungutan Liar.

Penggeledahan ini terkait dengan penyidikan perkara tindak pidana korupsi Pungutan Liar di Lingkungan Kantor Pertanahan Kota Palu berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor : Print- 03/P.2/Fd.1/07/2022 tanggal 21 Juli 2022 dan Surat Perintah Penggeledahan Nomor : Print- 161/P.2.5/Fd.1/07/2022 tanggal 25 Juli 2022.

Penggeledahan yang dilakukan oleh tim penyidik Kejati Sulteng ini, tidak mengganggu jalannya proses pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Palu karena aktifitas pelayanan di loket masih berlangsung.

Dari hasil penggeledahan yang berlangsung sekitar 7 jam tersebut, penyidik Kejati Sulteng terlihat membawa 1 box plastik besar berisikan sejumlah dokumen, uang dan barang bukti lainnya yang disita berdasarkan Surat Perintah Penyitaan Nomor : Print- 162/P.2.5/Fd.1/07/2022 tanggal 25 Juli 2022.

Kajati Sulteng Jacob Hendrik Pattipeilohy, SH., MH., melalui Kasi Penkum Kejati Sulteng Reza Hidayat, SH., MH., menyampaikan bahwa penggeledahan dan penyitaan dilakukan dalam rangka membuat terang tindak pidana serta untuk mencari bukti permulaan yang cukup.

Sehingga, dengan bukti permulaan yang cukup tersebut, penyidik dapat menentukan sikap siapa tersangka yang tepat untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang disangkakan.

“Saya telah berpesan secara khusus kepada penyidik yang melakukan penggeledahan dan penyitaan, agar tindakan mereka jangan sampai mengganggu jalannya pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Palu, ” tandas Kajati melalui Kasi Penkum, Reza Hidayat. ***

Editor: Rizky

Berita terkait