Anwar Hafid, Anleg DPR RI Yakin Sulteng Jadi Lumbung Pangan Nasional, dengan Catatan Ini….

Anggota DPR RI Anwar Hafid

Jakarta – Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), selain memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, juga memiliki lahan perkebunan yang luas, seperti yang berada di Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, maupun Kabupaten Parigi Moutong.

Luasnya lahan perkebunan, jika dikelola dengan baik serta didukung tekonogi dan SDM pertanian yang mumpuni, Sulawesi Tengah akan bisa menjadi lumbung pangan nasional. Apalagi, saat ini pembagunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur sedang digenjot pembangunannya.

Baca Juga

Hal itu disampaikan anggota DPR RI Anwar Hafid kepada kantor berita strateginetwork, Sabtu 20 Juli 2022.

“ Sulteng ini memiliki potensi besar menjadi lumbung pangan nasional. Sudah saatnya kita mulai mengembangkan strategi pembangunan kawasan pangan. Dari sisi geografis, wilayah Sulteng ini sangat strategis, dekat dengan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur,” kata Anwar Hafid.

Ia juga menyebut, dengan mengembangkan strategi pembangunan kawasan pangan, langkah tersebut turut menjadi salah satu upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi regional, yang pada gilirannya nanti akan mampu memberikan kontribusi terhadap penyediaan pangan nasional.

Dengan demikian, kata dia, tidak akan ada lagi kantong-kantong kemiskinan di wilayah Sulawesi Tengah ini.

“ Untuk mengembangkan kawasan pangan di Sulteng, tentu diperlukan sinergi berbagai pihak, harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Untuk mengembangkan kawasan pangan nasional, Pemprov Sulteng bisa menggandeng BUMN maupun pihak swasta nasional,” tuturnya. ***

Editor: Rizky

Berita terkait