Arab Saudi Dituding Susupi Wikipedia

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi Wikipedia (Peter Macdiarmid/Getty Images)
banner 728x90

Kailipost,- Arab Saudi dituding telah menyusup ke Wikipedia serta menjebloskan dua administrator situs itu ke penjara, dalam upaya untuk mengontrol konten.

Hal tersebut dibongkar usai mantan pekerja Twitter dipenjara di Amerika Serikat (AS), dikarenakan ‘memata-matai’ untuk Saudi.

Dilansir AFP, Jumat (6/1/2023), satu administrator Wikipedia disebut dipenjara selama 32 tahun. Sedangkan administrator lainnya dihukum 8 tahun penjara.

Aktivis hak asasi manusia mengatakan investigasi oleh badan induk Wikimedia menemukan bahwa pemerintah Saudi telah menembus jajaran senior Wikipedia di wilayah tersebut, dengan warga Saudi bertindak atau dipaksa untuk bertindak sebagai agen.

“Investigasi Wikimedia mengungkapkan bahwa pemerintah Saudi telah menyusup ke jajaran tertinggi dalam tim Wikipedia di wilayah tersebut,” kata Democracy for the Arab World Now (DAWN) dan SMEX yang berbasis di Beirut dalam pernyataan bersama.

DAWN yang berkantor pusat di Washington, didirikan oleh jurnalis Saudi yang dibunuh, Jamal Khashoggi, dan SMEX, yang mempromosikan hak digital di dunia Arab, mengutip ‘whistleblower dan sumber tepercaya’ untuk informasi tersebut.

Tidak ada komentar langsung dari pemerintah Saudi atau dari Wikimedia, yang menempatkan konten pendidikan gratis secara online melalui inisiatif seperti Wikipedia, ensiklopedia online, dan Wiktionary.

Pernyataan DAWN dan SMEX muncul setelah Wikimedia bulan lalu mengumumkan larangan global untuk 16 pengguna ‘yang terlibat dalam penyuntingan konflik kepentingan pada proyek Wikipedia di wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara)’.

Dalam penyelidikan yang dimulai Januari lalu, Wikimedia mengatakan mereka ‘dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pengguna yang memiliki hubungan dekat dengan pihak eksternal sedang mengedit platform secara terkoordinasi untuk memajukan tujuan pihak tersebut’. Mengutip sumber mereka, DAWN dan SMEX menyebut pernyataan Wikimedia itu mengacu pada warga Saudi yang bertindak di bawah pengaruh pemerintah Saudi.

Berita terkait