Bupati Morowali Utara Tuding Ada Provokator di Rusuh Buruh PT GNI

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU – Pasca rusuh buruh PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) 14-15 Januari 2023 menewaskan dua buruh. Satu buruh Indonesia. Satu buruh asal China, yang didatangkan dari Morosi, Sultra. Sejak kemarin, 18 Januari 2023 GNI beroperasi kembali. Buruh pun berdamai. Saling berpelukan.

Atas kejadian itu, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kapolri menyebut ada 71 buruh diamankan. Dan 17 buruh dijadikan tersangka. Ke 17 disebut tersangka karena memicu kerusuhan, pengerusakan dan provokasi. Demikian Kapolri ke media di Jakarta.

Akun Valen, mengirim dua flyer ke grup kaili post di sosmed facebook. Salah satunya, flyer berisi tentang ada provokator di bentrok buruh berujung rusuh dua tewas. Akun Valen juga mengirim flyer isinya mari menjaga GNI.

Sedangkan Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Sulteng menilai kasus dua nyawa buruh melayang akibat rusuh tidak berdiri sendiri. Ada rentetan kejadian sebelumnya. Baik buruh Indonesia dan buruh China di GNI adalah korban. Buruh tetap buruh. Mestinya, investor dapat mendengar dan memenuhi tuntutan buruh di aksi – aksi buruh sebelumnya. ***

Berita terkait