PRESTASI CIKASDA ! Gubernur Apresiasi Proyek Tanggul Pengaman Pantai Boneoge Donggala

  • Whatsapp
banner 728x90

SULTENG,– Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura memuji prestasi kinerja Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda). Salah satunya menyelesaikan pembangunan Tanggul Pengaman Pantai di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala tahun anggaran 2022 senilai Rp4 miliar. Gubernur monitoring dan evaluasi secara mendadak didampingi Plt Kadis Cikasda Sulteng Dr Andi Rully Djanggola, 8 Januari 2023 lalu.

Cudi, sapaan Gubernur Sulteng, mengapresiasi pembangunan Tanggul Pengaman Pantai Boneoge yang dikerjakan tepat waktu. Gubernur berharap, OPD lainnya juga menyelesaikan program dan kegiatan sesuai dengan target. Dengan adanya tanggul pengaman pantai, merupakan aspirasi masyarakat Banawa Kabupaten Donggala yang diserap Pemprov Sulteng melalui Cikasda. Tanggul pengaman pantai Boneoge ini selesai dikerjakan tepat pecan (Minggu) ketiga Desember 2022 lalu.

Sebagaimana data Cikasda menyebut bahwa pekerjaan Tanggul Pengaman Pantai Boneoge di Banawa Kabupaten Donggala dikerjakan penyedia jasa CV Multi Sarana Mandiri dengan nilai Rp4 miliar. Dengan adanya program tersebut memberikan rasa aman (output kegiatan) bagi warga sekitar. Sebelum adanya tanggul pengaman pantai, warga Boneoge selalu hidup dalam kecemasan bila datangnya ombak besar. Misalnya yang terjadi di Bulan September 2022 lalu hingga awal Januari 2023 dengan musim angina Barat, angina Utara dan angina Selatan).

Bagaimana tanggapan masyarakat atas proyek tersebut? Rusdin, Ketua RT 04/02 menyebut bahwa pembangunan tanggul pengaman pantai Boneoge sangat bermanfaat. Selain membuat warga tidak lagi cemas akan gelombang pasang di sekitar pantai juga dapat menjadi tempat sarana penambatan perahu nelayan yang lebih aman.

REAKSI GUBERNUR
Gubernur Cudi, sapaan akrab gubernur mendengar apresiasi warga Boneoge meminta Dinas Cikasda kembali melanjutkan membangun tanggul pengaman pantai Boneoge sepanjang satu Kilometer. Gubernur juga meminta Cikasda dan OPD terkait membangun sarana jalan di bawah tanggul dan penerangan. Tujuannya agar tanggul memiliki fungsi ganda. Sekaligus sebagai sarana lain yang bermanfaat bagi masyarakat Boneoge Banawa Kabupaten Donggala.

‘’ Cikasda tambah lagi tanggul dan OPD lain ingatkan membangun jalan dan penerangan sesuai permintaan warga. Ini aspirasi langsung komiu dengar sendiri,’’ tandas gubernur. ***

Editor : andono wibisono

Berita terkait