Terkini ! Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,6 Guncang Parigi Moutong

  • Whatsapp
Peta gempa bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Maninili Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Selasa (7/3/2023). ANTARA/HO-BMKG
banner 728x90

Parimo,- Gempa berkekuatan bermagnitudo 4,6 terjadi di wilayah Maninili Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sekitar Pukul 11:14 Wita, pada Selasa 7 maret 2023.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kepala BMKG Stasiun Geofisika Palu, Sujabar episenter gempa terletak pada koordinat 0.11 LS – 120.32 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tomini, 30 kilometer arah tenggara Maninili dengan kedalaman 5 kilometer.

“Hasil pemodelan gempa tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Menurut analisis BMKG, merujuk pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat, dan guncangan dirasakan II MMI di Palu (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock), meski begitu petugas kami terus memantau perkembangan,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat, tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak akibat dampak guncangan, termasuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tahan terhadap gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

“Dilaporkan, dari peristiwa ini tidak ada kerusakan infrastruktur bangunan,” kata dia menambahkan.

Publik juga diimbau, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website. ***

Editor: Riky

Berita terkait