Jelang Idul Adha, Disbunnak Sulteng Himbau Peternak Memasang Eartag di Hewan Ternak

  • Whatsapp
Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disbunnak Sulteng, Dandy Alfita, (Foto: Angel/kailipost)

Selain itu, eartag juga berguna dalam melacak jejak pemilik hewan, mengendalikan penyebaran penyakit, serta memfasilitasi pengawasan dan pengendalian hewan ternak secara efektif.

Ia menambahkan, menjelang perayaan Idul Adha, di mana banyak hewan ternak disembelih, penting untuk memiliki sistem identifikasi yang baik agar proses pengelolaan dan pembagian daging hewan ternak dapat berjalan dengan lancar.

“Tentunya eartag dapat memastikan bahwa hewan ternak yang disembelih telah dikelola dengan baik sesuai dengan standar dan persyaratan yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Olenya itu, Disbunnak Sulteng mengimbau, para peternak segerah untuk memasang eartag sesegera mungkin sebagai upaya meningkatkan pengelolaan dan pemantauan hewan ternak.

“Sebenarnya ini wajib sekali di tetapkan kepada seluruh peternak yang ada di Sulawesi Tengan dengan demikian seluruh data ternak itu tersimpan,” himbaunya.

Ia berharapkan, dengan adanya tanda pegenal hewan ini akan tercipta sistem pertanian dan peternakan yang lebih teratur, efisien, dan dapat diandalkan. ***

Reporter: Angelina Wulan Dari

Berita terkait