Komisi X DPR Minta Pemda Keluarkan Edaran Larang Sekolah Jual Seragam Mahal

  • Whatsapp
Foto: Istimewa

Jakarta,- Tim Dinas Pendidikan (Disdik), Jawa Timur telah identifikasi terkait harga seragam siswa baru SMA yang dikeluhkan mahal di Tulungagung. Menanggapi hal itu, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda meminta agar pemerintah daerah mengeluarkan edaran mencegah sekolah negeri menjual seragam mahal.

“Bikin edaran pemerintah daerahnya, memastikan tak boleh ada penjualan seragam yang harganya melampaui cost produksi terlalu tinggi. Saya kira bisa untuk itu,” kata Syaiful Huda saat dihubungi, Selasa (25/7/2023).

Politikus PKB itu tak setuju ada sesuatu yang memberatkan orang tua siswa. Huda menilai tak ada larangan sekolah menjual seragam kepada muridnya. Namun dia mengingatkan agar seragam dari sekolah tak dijual terlampau mahal.

“Prinsipnya, kita tak setuju ada praktik apapun bentuknya memberatkan orang tua, apakah seragam mahal, atau ada hal lainnya sifatnya memberatkan orang tua, kita tak setuju,” katanya.

“Sekolah boleh dan kadang orang tua pengen praktis. Sekolah saya kira tak perlu dilarang, tapi harga sesuai dengan harga yang ada di pasaran. Kalau toh misalnya ada selisih keuntungan, jangan terlalu besar,” ucapnya.

Berita terkait