Luhut Buka Suara soal Pembangunan Pabrik Nikel Diminta Setop

  • Whatsapp
Foto: Infografis/Berbuah Manis, Jokowi Ketiban Rejeki Nomplok Rp510 Triliun/Aristya Rahadian

Adapun kapasitas smelter yang tengah dibangun saat ini akan menambah produksi sekitar 1 juta ton logam nikel per tahun, dan untuk proyek dalam tahap perencanaan sekitar 1,5 juta ton logam nikel per tahun.

Bila semua proyek itu terbangun dan beroperasi, maka diperkirakan logam nikel yang dihasilkan dari smelter di Indonesia pada beberapa tahun mendatang bisa mencapai 4,31 juta ton per tahun.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan (Perhapi) Rizal Kasli mengatakan pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan ke pemerintah untuk melakukan moratorium smelter nikel baru. Pasalnya, cadangan bijih nikel RI akan semakin menipis bila smelter nikel semakin menjamur.

“Kami beberapa kali usul dilakukan moratorium pembangunan smelter pirometalurgi karena menggunakan nickel ore kadar tinggi, saprolit, yang minim. Kalau digenjot terus, kita khawatir ketahanan cadangan nikel riskan,” jelas Rizal kepada CNBC Indonesia dalam program ‘Mining Zone’, dikutip Selasa (8/8/2023).

Rizal menjelaskan, bijih nikel terbagi menjadi dua jenis yakni nikel dengan kadar tinggi di atas 1,5% atau saprolit yang diproses melalui smelter pirometalurgi. Adapun produk logam nikel yang dihasilkan dari smelter pirometalurgi ini nikel kelas dua seperti Nickel Pig Iron (NPI), feronikel, dan nickel matte.

Berita terkait