Penanaman Bawang Varietas Lokal Menandai Usaha Baru BUMD Perumda Kota Palu

  • Whatsapp

Palu,- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahan Milik Daerah (Perumda) Kota Palu menandai usaha baru yang digagas Perumda melalui penanaman perdana bibit bawang varietas lokal dan bibit bawang merah Di Dusun Laga, Kelurahan Taipa, Senin (7/8/2023).

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM mengatakan, penanaman perdana bibit bawang varietas lokal dan bibit bawang merah merupakan Program yang dilakukan oleh BUMD Perumda Kota yang juga mendapatkan dukungan dan support dari OPD terkait dalam rangka untuk pengembangan bisnis Perumda dan upaya untuk meningkatkan hasil produksi varietas Bawang lembah Palu.

Selain itu juga Sekot mengapresiasi BUMD Perumda Kota Palu dapat melibatkan dan meberdayakan masyarakat setempat.

“Kita bersama-sama menyaksikan untuk penanaman perdana terkait dengan salah satu usaha yang dilakukan oleh Perumda. Penanaman perdana ini menandai untuk adanya usaha-usaha baru yang dilakukan oleh Perumda,” ujar sekot.

Direksi BUMD Perusahan Kota Palu Rustam Makalama menjelaskan penanaman bibit bawang dilakukan di lahan 4 Hektar milik petani di Dusun Laga Kelurahan Taipa dan merupakan upaya Perumda Kota Palu untuk meningkatkan produksi bawang merah varietas lembah Palu.

“Dilahan 4 Hektare milik petani ini merupakan lahan tidur yang kami manfaatkan untuk penanaman bibit bawang sehingga dapat memperdayakan kelompok Tani di sekitarnya,” ujar Rustam.

Rustam menjelaskan penanaman bibit bawang salah satu jenis varietas lokal yang cocok dikembangkan karena produktivitasnya tinggi dan juga punya beberapa keunggulan. Jenis bawang lembah palu atau biasa dikenal jenis bawang goreng ini bisa dipanen pada umur 50 Hari dan masa panen 70 hari di persiapkan untuk bibit benih unggul lokal.

“jenis bawang variatas lembah palu atau jenis bawang goreng ini akan di dorong produksi maupun produktivitasnya. Selain untuk konsumsi, juga dijadikan bakal benih untuk musim tanam berikutnya. Kita terus kejar produksi benih unggul lokal, karena saat benih kurang dan permintaan tinggi seperti sekarang ini,” jelas Rustam

Kegiatan penanaman bibit bawang varietas lokal Lembah Palu di Dusun Laga Kelurahan Taipa di hadiri oleh Sekretaris Kota Palu, Camat Palu Utara, Kadis Pertanian Kota Palu, Sekrertaris Perindag , Kabag Perekonomian, Tim Penyuluh Pertanian, Lurah Taipa, Camat Palu Utara, Dirut Keuangan BUMD Perumda Kota Palu, Staf dan masyarakat sekitar. *

Berita terkait