Warga Palu Waspada !! DBD Naik Capai 371 Kasus di Agustus 2023

  • Whatsapp
Foto: ist

Dia mengatakan, jumlah kasus DBD pada periode Januari hingga Desember 2022 sebanyak 640 kasus, sementara untuk jumlah kasus DBD periode Januari hingga Agustus tahun ini sudah 371 kasus.

Tercatat dari 371 kasus, Kecamatan Palu Selatan menjadi daerah tertinggi pengidap penyakit tersebut, yakni sebanyak 103 kasus.

Kemudian disusul Kecamatan Mantikulore 59 kasus, Palu Barat 50 kasus, Palu Timur 47 kasus, Palu Utara 39 kasus, Ulujadi 19 dan Tawaeli delapan kasus.

Sebagai bentuk intervensi, kata dia, setiap puskesmas di setiap kecamatan memiliki tim kesehatan keliling (Kesling) yang bertugas untuk memberikan abatisasi atau pemberian serbuk abate pada tempat-tempat yang digenangi air termasuk bak mandi, tempat yang memiliki genangan air dan sebagainya dengan tujuan membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi rutin kepada masyarakat agar menerapkan gerakan 3M yaitu, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan selalu waspada terhadap nyamuk demam berdarah.

“Jika ada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan atau mengalami gejala DBD segera ke puskesmas terdekat supaya mendapat perawatan kesehatan,” katanya. ***

Editor/Sumber: Riky/Sultengterkini

Berita terkait