Ada Enam Buruh Tewas, 15 Luka-luka Dalam Setahun di Perusahaan Nikel GNI di Morut

  • Whatsapp
Foto: Tungku smelter di PT GNI Morowali Utara meledak. (dok. istimewa)

2. Bentrok Maut TKA China dan Pekerja Lokal

Bentrokan antara karyawan WNA dan WNI di PT GNI Morowali Utara berujung 2 orang tewas. Selain korban tewas, ada 9 orang lainnya yang mengalami luka-luka.

Momen mengerikan dalam peristiwa itu terekam dalam sebuah video. Awalnya tampak sejumlah karyawan heboh dan berteriak saat bentrokan terjadi pada malam hari, Sabtu (14/1/2023).

Bentrokan itu menyebabkan 11 orang menjadi korban, yang 2 di antaranya dinyatakan tewas. Korban tewas masing-masing 1 WNA inisial XE dan 1 WNI berinisial MS warga Pare-pare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Total ada 11 orang korban,” kata Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/1/2023).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkap penyebab bentrokan maut antara tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tenaga kerja asing (TKA) di PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng). Penyebab bentrokan disebabkan tuntutan para buruh yang belum direspons oleh pihak perusahaan.

“Akar masalahnya ada tuntutan yang disampaikan kepada perusahaan yang belum direspons sehingga memicu terjadinya unjuk rasa yang berakhir dengan anarkis. Jadi ini lebih pada persoalan yang belum respons dengan baik oleh pihak perusahaan,” kata Ida kepada wartawan, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat dilansir detikNews, Senin (16/1/2023). ***

Editor/Sumber: Riky/Detik

Berita terkait