Ada Enam Buruh Tewas, 15 Luka-luka Dalam Setahun di Perusahaan Nikel GNI di Morut

  • Whatsapp
Foto: Tungku smelter di PT GNI Morowali Utara meledak. (dok. istimewa)
banner 728x90

Morut,- Peristiwa yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam kurun waktu setahun terakhir sudah beberapa kali terjadi.

Hingga kini tercatat terdapat 6 pekerja tewas dan 15 orang luka-luka. Diketahui insiden pertama terjadi pada Desember 2022 lalu yang menewaskan seleb TikTok sekaligus karyawan PT GNI Nirwana Selle dan 1 rekannya.

Selanjutnya 2 pekerja tewas saat bentrok maut TKA China dan pekerja lokal awal Januari 2023. Selanjutnya ada insiden pekerja tersembur api yang menyebabkan 1 orang tewas pada Juni 2023.

Terbaru, Oktober 2023 tungku smelter di perusahaan nikel tersebut meledak dan kembali meregang nyawa 1 pekerja.

Dirangkum detikcom, Sabtu (30/9/2023), berikut rentetan peristiwa mengerikan di PT GNI.

1. Seleb TikTok Nirwana Terbakar di Crane

Seleb TikTok bernama Nirwana Selle meninggal dunia akibat terjebak kebakaran salah satu smelter milik PT GNI. Peristiwa meninggalnya Nirwana sempat viral di media sosial.

Kebakaran maut ini terjadi di Smelter PT GNI di Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara pada Kamis (22/12/2022). Seorang rekan Nirwana bernama I Made Defri ikut tewas dalam insiden tersebut.

Kapolres Morut AKBP Ade Nuramdani mengatakan, kedua korban sama-sama terjebak saat kebakaran. Keduanya juga sama-sama bekerja di bawah Departemen Smelter Produksi PT GNI Morowali Utara.

“2 Pegawai yang terjebak, salah satunya seorang perempuan di hoist crane (kerekan) dengan kondisi tidak ada pergerakan sama sekali,” tutur Ade, Rabu (28/12/2022).

Berita terkait