13 Desa di Banggai Kepulauan Alami Kekeringan Ekstrem El Nino

  • Whatsapp
Petugas BPBD Sulteng yang bertugas menyalirkan kebutuhan air bersih kepada masyarakat. (Foto : ist).
banner 728x90

Bangkep,– Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) hingga saat ini menjadi salah satu daerah yang mengalami kekeringan, dampak dari EL nino yang masih berlangsung. 

Tidak kurang dari 1400 lebih KK dan lebih 4000 jiwa yang terbagi di Kecamatan Bulagi dan Kecamatan Bulagi Selatan merasakan kekeringan akibat El Nino.

Sebagaimana diketahui, El Nino merupakan fenomena iklim yang terjadi secara periodik. Terjadinya El Nino sering kali berdampak pada cuaca global, termasuk menyebabkan kekeringan.

Menanggapi hal tersebut, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah bergerak cepat untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat di dua kecamatan terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, Akris Fattah Yunus menjelaskan, hingga saat ini total 20 ribu liter air bersih telah di diatribusikan kepada masyarakat, dan akan terus dilakukan hingga beberapa waktu ke depan.

“Dikarenakan intensitas hujan yang menurun mengakibatkan sumber mata air warga berkurang dan kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih,” ungkap Akris, Selasa (07/11/2023).

Berita terkait