Kunjungi IKN, PBB Tinjau Visi Pembangunan Berkelanjutan

  • Whatsapp
PBB mengunjungi proyek IKN Nusantara pada Minggu (17/12) untuk meninjau apakah proyek itu sudah selaras dengan visi pembangunan berkelanjutan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
banner 728x90

Jakarta,- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengunjungi proyek IKN Nusantara pada Minggu 17 Desembaer 2023 untuk meninjau apakah proyek itu sudah selaras dengan visi pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) atau belum.

Seperti diketahui, kunjungan dilakukan melalui UNESCAP, lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak di bidang pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan Asia Pasifik.

Ada dua lokasi proyek IKN yang mereka kunjungi. Dua lokasi itu berkaitan dengan reforestasi di Nusantara dan pemberdayaan masyarakat.

Lokasi itu adalah Persemaian Mentawir dan Pertanian Hidroponik dari Warga Sepaku.

Usai peninjauan Executive Director UNESCAP Armida Alisjahbana mengatakan proses pembangunan IKN telah selaras dalam prinsip dan tren global saat ini. Ia mengatakan pembangunan juga sudah mendukung keberlanjutan dalam pembangunan kota modern.

“Sustainability (keberlanjutan) merupakan poin utama yang saya lihat dalam kunjungan kali ini, dengan upaya Otorita IKN melakukan reforestasi serta memberikan upskilling (pemberdayaan) kepada warga sekitar dalam menunjang mata pencaharian yang berkelanjutan. Ini adalah langkah pertama yang bagus,” ungkap Armida dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/12).

Ia menambahkan dua program penghijauan dan pemberdayaan yang dikunjungi oleh UNESCAP di proyek IKN tersebut akan menjadi salah satu sumber data yang  menjadi laporan dalam VLR nusantara mengenai perkembangan SDGs di Indonesia pada High-Level Political Forum SDGs.

Berita terkait