Presiden Jokowi : Investasi Jepang Strategis Dukung Pembangunan ASEAN

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) bersama para Pemimpin negara anggota ASEAN, di sela-sela KTT Khusus ASEAN-Jepang dan berbagai pertemuan terkait, sejak akhir pekan lalu di Tokyo, Jepang (Foto: Setpres/Ist)
banner 728x90

Tokyo,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa investasi Jepang strategis untuk mendukung pembangunan di ASEAN.

Hal itu disampaikan Presiden dalam pertemuan bersama pebisnis Jepang, dalam rangkaian KTT Khusus ASEAN-Jepang, Senin, 18 Desember 2023, di Tokyo.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, pertemuan dalam format makan siang ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. “Peran dunia usaha Jepang melalui kualitas investmennya sangat strategis untuk mendukung pembangunan di kawasan Asia Tenggara,” kata Presiden disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada pengarahan pers secara daring, Senin (18/12/2023).

Retno menjelaskan, tiga hal menjadi fokus Presiden Joko Widodo yang disampaikan di dalam pidatonya. Salah satunya, dukungan bagi percepatan transisi energi dalam bentuk kemudahan akses pembiayaan inovatif dan transfer teknologi,” ujarnya.

“Kedua, penguatan rantai pasok. Termasuk untuk mendukung ASEAN sebagai global hub industri EV.”

Berita terkait