Sebanyak 26 Pendaki Masih Terjebak di Kawasan Gunung Marapi Sumbar

  • Whatsapp
im SAR melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Marapi yang mengalami luka bakar di jalur pendakian proklamator, Nagari Batu Palano, Agam, Sumatera Barat, Senin 4 Desember 2023. Hingga pukul 04.30 WIB, Tim SAR Gabungan sudah mengevakuasi tujuh orang pendaki yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi yang meletus pada Minggu 3 Desember 2023, sisanya 28 orang lagi akan dievakuasi secara estafet. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Dia menerangkan, kebanyakan pendaki yang terjebak mengalami hipotermia dan luka bakar “Kami agak kesulitan untuk menjangkau korban-korban yang terjebak. Sebab erupsi terus terjadi,” ucapnya.

Menurut Hendri, kendala evakuasi adalah kondisi gunung yang terus mengeluarkan abu vulkanik. Sehingga anggota SAR sulit untuk bergerak.

Hendri berharap agar masyarakat terus waspada dan kepada keluarga korban untuk sabar menanti. “Personel kami berusaha semaksimal mungkin,” katanya.

Gunung Marapi Sumatera Barat memindahkan abu vulkanik pada Minggu 3 Desember 2023. Erupsi ini membuat Kabupaten Agam dan sekitarnya dihujani abu vulkanik.

Pantauan Tempo dari Posko Pasenggrahan pada Senin 04 Desember 2023, terlihat Gunung Marapi terus melontarkan abu vulkanik hingga pukul 10.25. ***

Sumber: Tempo.co

Berita terkait