Jokowi Setujui Pengadaan Kapal Roro di Sulteng untuk Dukung IKN

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan sambutan pada kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan Wani dan pelabuhan Donggala di Palu, Rabu (26/3/2024). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta agar standar layanan, standar manajemen, dan standar teknologi dilengkapi dengan layanan logistik yang terintegrasi serta terkoneksi dengan moda angkutan lainnya semakin diperkuat agar pelayanan semakin cepat dan efisien.

Pada kesempatan itu, Presiden meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi pelabuhan di Sulteng, yakni Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan.

Sebelumnya dalam laporannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sulteng menggunakan kesempatan ini berdiskusi agar hubungan IKN dengan daerah  untuk semakin ditingkatkan dengan diresmikannya kedua pelabuhan di Kawasan Teluk Palu.

“Mohon Pak Presiden untuk menyetujui kami mengadakan kapal roro agar produk-produk yang ada di sini lebih produktif. Katakanlah dari kebun, kemudian naik truk dan kapal roro, serta langsung ke Pelabuhan IKN dan selanjutnya ke pasar, Pak,” ujarnya.

Terlebih, kata Menhub, agrikultur di Provinsi Sulteng juga menjadi penting karena sangat baik, apalagi dengan provinsi itu berhadapan langsung dengan IKN secara geografis.

Berita terkait