Buya Yahya Ingatkan Jangan Tunda Bayar Utang: Hidup Susah, Sulit Kaya

  • Whatsapp
Foto: staialbahjah.ac.id/ist

Jangan Harap Hidup Berkecukupan

Buya Yahya menegaskan, individu yang sengaja menunda pembayaran utang tidak bisa berharap bisa hidup berkecukupan. Pada titik tertentu, mereka akan mengalami titik terendah dalam hidup mereka karena mereka mengabaikan kewajiban mereka.

“Mereka yang dengan sengaja menunda pembayaran utang tidak bisa berharap untuk hidup sejahtera. Mereka akan menghadapi kehancuran karena perilakunya yang tidak sopan, jadi berhati-hatilah,” terangnya.

Apalagi jika anda pernah meminjam uang pada seseorang, berarti dia ikhlas membantunya. Sebagai imbalannya, kita harus memperhatikan kewajiban dan membayar kembali hutang ketika jatuh tempo, terutama bila telah memiliki kemampuan finansial.

“Jika Anda pernah ditolong oleh seseorang, dan saat ini Anda mempunyai kemampuan finansial, hendaknya anda melunasi hutang Anda segera setelah jatuh tempo,” tandasnya.

Namun, jika saat ini tidak mampu membayar utang, komunikasikan dengan orang yang memberi pinjaman dengan cara yang sopan.

 “Jika Anda masih ingin menggunakan uang pinjaman, komunikasikan dengan pemberi pinjaman dengan hormat. Jangan diam dan berdalih seperti ‘mereka kaya, jadi tidak apa-apa,” saran Buya Yahya. ***

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Berita terkait