TPSA Bagendung Cilegon Terbakar, Evakuasi Warga Disiapkan

  • Whatsapp
Kondisi TPSA Bagendung, Kota Cilegon yang terbakar hingga Selasa siang 17 September 2024. Foto: RRI/Rohmanudin

“Yang dikhawatirkan adalah dari segi kesehatan warga kami karena asap ini,” katanya. Dijelaskannya, warga yang terdampak ada dua RT dan dirinya telah berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

“Pak RT dan Pak RW-nya sigap. Terus mengecek warganya dan menginformasikan untuk siap siaga sampai api dan asap benar-benar padam dan hilang,” katanya.

Ia mengatakan, belum dapat menyampaikan penyebab dari kebakaran tersebut, namun biasanya karena pembakaran sampah yang dilakukan tanpa pengawasan. Eha menjelaskan, Tahun 2019 TPSA Bagendung juga pernah terbakar.

Bahkan warga sempat dievakuasi ke tempat-tempat yang sama dengan tempat evakuasi yang telah disiapkan saat ini. Sejauh ini, menurutnya, jika melihat penyebab terbakarnya TPSA Bagedung di Tahun 2019 diduga sama dengan kebakaran saat ini.

Faktor cuaca yang sangat panas dan ditambah gas metana dari tumpukan sampah menjadi faktor pemicu terjadinya kebakaran. Dikatakannya, BPBD, Damkar, Dinas Kesehatan dan berbagai unit lainnya tetap siap siaga mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan ketika tengah malam. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait