Lalanga, Pesona Laut di Tapal Batas

  • Whatsapp
banner 728x90

HAMPARAN Karang hitam berselimut pasir putih kecoklatan itu, dikelilingi laut biru membentuk lingkaran kecil beririsan, mirip kaca mata. Nun jauh di sana, terlihat deretan pegunungan melintasi perbatasan Kabupaten Poso dan Parimout, tampak hijau memanjakan mata.

Begitulah gambaran sekilas pulau karang Lalanga 1, membuat pengunjung terkesima. Karena kekhasannya yang unik dan mempesona itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, kini telah melirik tempat itu sebagai area pengembangan wisata baru, “Kalau bicara soal wisata bahari, saya kira Lalanga memang patut diperhitungkan, selain aspek keindahannya, juga memiliki kisah historis menarik lainnya”, kata Joseph Magido, Kadis Pariwisata Poso, dalam sebuah kesempatan kepada Kaili Post.

Dan rupanya memang, Pemda di bawah kepemimpinan duet Darmin-Samsuri, telah meresmikan sebuah bangunan berukuran 7×7 meter, persis di tengah-tengah hamparan karang Lalanga, namanya pun keren, ‘rumah pemancingan’. Dalam penandatanganan prasasti di atas air itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, mengaku takjub dengan pemandangan di sekelilingnya. “Indah, elok, dan mempesona”, kata Darmin seraya menatap jauh ke depan, usai meresmikan Rumah Singgah Pemancingan, Sabtu pagi, 8 April 2017.

Nah, dengan diresmikannya ‘Rumah Pemancingan’ itu, pemerintah berharap bangunan yang terletak di tengah laut itu, bisa menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung. Selain sebagai sarana menyalurkan hoby memancing, juga bisa menjadi tempat bersantai bagi kerabat dan keluarga.

Diketahui, pulau karang seluas kurang lebih 4 hektar itu sempat memicu polemik, karena diklaim oleh dua Kabupaten bertetangga, Poso dan Parimout. Namun, menurut warga Desa Tumora, obyek Wisata Bahari Lalanga 1 dan Lalanga 2, sejak dahulu kala, memang telah menjadi area pemancingan masyarakat Tumora dan sekitarnya.

Dalam acara peresmian yang berlangsung pekan lalu, turut hadir  Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si, FKPD Kabupaten Poso, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso bersama anggota, Komandan Tempur Khusus Marinir, Komandan SubDen Pom 1322 Poso, Pejabat dilingkungan Pemda Kabupaten Poso, Tripika Kecamatan Poso Pesisir Utara serta Masyarakat Desa Tumora. **

Reporter: Darwis waru 

Berita terkait