PANEN PERDANA ‘MINA PADI’ DESA LAPE

  • Whatsapp
Wabup Harap Penggarapannya Lebih Serius 

 

DINAS Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso, akhirnya bisa bernafas lega. Kolam percontohan mina padi yang digagasnya beberapa bulan lalu, dengan menggandeng Dinas Kelauatan dan Perikanan, Provinsi Sulawesi Tengah, kini bisa melakukan panen perdana.

Senin, 15 Mei 2017 lalu,  Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, nampak sangat antusias melakukan panen perdana ikan nilam, ikan mas dan ikan mujair dengan cara menjala. “Wah, ikannya banyak, ini bisa dikembangkan di desa lain”, kata Wabup, usai menjala ikan sebagai simbol pelaksanaan panen perdana, di desa Lape, Kecamatan Poso pesisir.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso menyampaikan, panen perdana ikan yang dipelihara di antara tanaman padi di tengah sawah, sebenarnya bukan hal yang baru, apalagi di pulau Jawa. Bukan apa-apa kata Wabup, di Jawa lahan pertaniannya sangat terbatas. Rupanya di Desa Lape juga bisa diterapkan sistim ‘mina padi’. Karena itu Wabup menghimbau, agar kolam percontohan yang ada, penggarapannya bisa lebih serius lagi. “Ini bisa menjadi penyemangat kita, pengalaman ini sangat berharga, khususnya bagi kelompok tani untuk mencoba budidaya ‘mina padi’.

Pada bagian akhir sambutannya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si merasa perlu menyampaikan terima kasih kepada Gubernur, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah Kabupaten Poso sebagai daerah sentral produksi ikan air tawar.

Terpisah, Sekretaris Desa Lape, Romansa, S.Sos, menguraikan beberapa hal terkait dengan budidaya ikan ‘mina padi’. Salah satunya kata Romansa adalah adanya burung bangau, biawak dan ikan gabus yang bisa mengganggu perkembangan ikan. “Pakannya juga masih terbatas, kalau pemerintah baik dari provinsi maupun kabupaten bisa membantu dan memberikan solusi, budidaya seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat”, ujar Romansa.

Dalam panen perdana ikan tersebut, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Hasanudin Aco, MP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso, Ir. Yusak Mentara, Para OPD terkait, unsur Tripika Kecamatan Poso pesisir, Kepala Desa Lape, beserta segenap unsur masyarakat Desa Lape. **

reporter/biro poso: Darwis waru

Berita terkait