Direktur PSDA Kemendes Cek Kesiapan Gelar TTG

  • Whatsapp

PARMOUT,- DIREKTUR Pendayagunaan Sumber Daya Alam (PSDA) dan Teknologi Tepat Guna(TTG), Kemendes PDTT, Dr Suprapedi, M.Eng, mengunjungi Kabupaten Parmout, Rabu (20/9). Suprapedi diutus khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  RI untuk mengecek langsung kesiapan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XIX Tingkat Nasional yang akan dihelat di eks.Lokasi Sail Tomini Kayu Bura, 27 September mendatang.

Didampingi Bupati Parmout, H Samsurizal Tombolotutu, DR Suprapedi meninjau langsung lokasi utama TTG di pelataran eks.Sail Tomini. Suprapedi juga meninjau Masjid Ash-Shobirin, Helipad alun alun Kantor Bupati, lokasi Kabupaten Layak Anak di RTH Toraranga dan berakhir menyaksikan kesiapan para penari kolosal di halaman belakang kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

Muat Lebih

Ditemui disela sela peninjauan itu, Dr Suprapedi mengatakan secara umum persiapan TTG di Kabupaten Parmout cukup baik, mulai dari penataan tempat pameran teknologi unggulan dan tenda utama semua sudah dipersiapkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Parmout. Ia bahkan memuji cara Bupati Parmout mengorganize persiapan TTG ke-XIX.

Menurutnya, Bupati Samsurizal cukup berpengalaman melaksanakan event nasional seperti Sail Tomini 2015 dan Festival Musik Anak tahun 2016. “Jadi saya tidak ragukan lagi, karena Pak Bupati sudah memiliki banyak pengalaman melaksanakan event nasional,” katanya.

Ia menambahkan, hampir 19 tahun TTG digelar di Indonesia, baru kali ini dilaksanakan di ibukota Kabupaten. Sepanjang sejarah pelaksanaan TTG sudah 19 tahun, selalu dilaksanakan di ibukota Provinsi. Ini firs time dilaksanakan di Kabupaten. Semua itu tidak terlepas dari upaya Bupati Samsurizal.

Ia berharap persiapan tempat yang sudah hampir mencapai 100 persen itu dibarengi dengan kesiapan program acara yang matang, apalagi katanya ada acara tambahan seperti Kabupaten layak anak (KLA) yang rencananya akan dilaunching oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sejauh ini, Suprapedi belum dapat memastikan acara gelar TTG apakah akan dibuka oleh Presiden Jokowi atau Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada Presiden. “Apakah Presiden atau Wapres yang akan membuka kita tunggu saja. Kalaupun nanti Wapres yang buka itu sudah bersyukur sekali, sebab selama ini TTG itu hanya dibuka oleh menteri,”katanya.

Sesuai jadwal tentativ yang telah disusun Pemerintah Kabupaten Parmout, Presiden RI Joko Widodo akan mendarat menggunakan helikopter di alun alun Kantor Bupati, Rabu (27/9) sekitar pukul 11.00 Wita.

Selain menghadiri acara puncak TTG XIX, Pemerintah Kabupaten Parmout mempersiapkan beberapa agenda kunker Presiden RI dan Ibu Negara di Parmout, diantaranya lauching KLA, panen raya padi, udang, bandeng dan kepiting di desa Dolago. Selain itu, akan ada acara sunatan dan nikah massal, penyerahan kartu keluarga, kartu indonesia sehat, kartu indonesia pintar.

Penandatangan prasasti Masjid Ash-Shobirin dan Rumah Sehat Baznas (RSB) Siniu. Diperkirakan seluruh agenda Presiden di Kabupaten Parmout akan berakhir sekitar pukul 16.00 Wita. Bupati Parmout, H Samsurizal Tombolotutu mengatakan, meskipun belum ada keputusan apakah gelar TTG di Parmout dihadiri Presiden atau Wakil Presiden,  namun selaku tuan rumah pihaknya tetap mempersiapkan dengan matang seluruh agenda yang ada. “Apakah Presiden atau Wapres yang akan hadir, aturan protokol berlaku sama. Jadi semua agenda tetap harus persiapkan dengan baik,” tandas Samsurizal.**

Reporter/Biro Parmout: Fharadiba

Pos terkait

banner 580x60