Membangun Sinergi Legislatif – Eksekutif

  • Whatsapp
banner 728x90
Memoles Pantai Popakuni Lebih Eksotik 
 

POSO,- APA YANG Anda bayangkan dengan pelaksanaan Reses seorang anggota Dewan ? Bagi sebagian orang awam, mungkin saja reses tidak lebih dari kesempatan bagi seorang konstituen untuk kembali menggantungkan harapan yang muluk-muluk, plus janji-janji manis dari seorang anggota dewan untuk periode selanjutnya, untung-untung kalau bisa dapat uang transportasi dalam kesempatan singkat tersebut.

Namun dalam pelaksanaan reses, hari minggu 10-9/2017 lalu di Pantai Popakuni, Kelurahan Mapane, tak hanya menghadirkan anggota legislatif tapi juga sekaligus menghadirkan pihak eksekutif untuk bertemu rakyat dalam merumuskan program, sekaligus mempertanggung jawabkan sejumlah aspirasi yang telah dia perjuangkan.

Menariknya, reses akhir masa sidang ke-dua tahun ini, juga dilaksanakan di sebuah lokasi yang memang membutuhkan penanganan oleh sejumlah instansi terkait, maka lengkaplah sudah acara serap aspirasi yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam di kawasan pantai Popakuni – Kelurahan Mapane, Minggu, 10 September 2017 lalu, sebuah obyek wisata yang menarik, namun masih membutuhkan penataan di sana sini. “Saya selalu sampaikan kepada masyarakat, kalau mau maju mari kita kerja bersama, silahkan anda sampaikan kepada eksekutif, selanjutnya urusan memperjuangkan dan mengawalnya adalah urusan saya”, kata Syarifudin Odjobolo, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Poso.

Dan nyatanya memang, reses yang dihadiri oleh Kepala DLH, Ir.Murniati Putosi, Pejabat Bapelitbangda, Ir.Mustar, Kabid perpajakan di Dispenda, dan salah seorang Pejabat Dinas Pariwisata, menghasilkan agenda kongkrit, salah satunya adalah memastikan penanganan sampah di kawasan pantai Popakuni-Mapane. “Jadi untuk penanganan sampah langsung ditangani oleh kelompok Masyarakat Sadar Wisata yang telah terbentuk sebelumnya, adapun mekanisme pengangkutan sampah, secara tekhnis akan dibicarakan secara internal oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kabupaten Poso”, kata Camat Poso Pesisir, Muh.Saing S.Dullah, SH yang ditemui Kaili Post, usai menghadiri Reses anggota Fraksi Golkar, Syarifudin Odjobolo, di Mapane.

Muh Saing menambahkan, setelah menghadiri reses, masyarakatnya merasa sangat terbantu, karena selain bisa menyalurkan aspirasinya kepada anggota Dewan, juga bisa mendapatkan pencerahan dari pejabat eksekutif. Selain Camat Poso Pesisir, turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah unsur Muspika di tingkat Kecamatan Poso pesisir, serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya. **

Reporter/Editor: Darwis Waru 

Berita terkait