Presiden Panen Udang dan Bandeng 610 H

  • Whatsapp
Rundown TTG Parmout  

PARIGI MOUTONG,- BERDASARKAN Rundown acara Tekhnologi Tepat Guna (TTG) ke-19 tingkat Nasional, tanggal 27 September 2017 di Kabupaten Parmout, Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan panen raya tambak udang dan ikan bandeng di desa Dolago seluas 610 hektar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parmout, Sabarudin Kilis yang belum lama ini ikut dalam peninjauan lokasi tambak udang dan ikan bandeng di Desa Dolago, yang dilakukan oleh Direktur Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Slamet Subjakto didampingi Wakil Bupati Parmout, H Badrun Nggai SE.

Menurut Sabarudin, kedatangan Ditjen Perikanan Budidaya, Slamet Subjakto dalam rangka mengecek sekaligus memastikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Parmout pada acara panen raya yang akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. “Beliau melihat secara langsung kesiapan tambak udang dan ikan bandeng yang akan dipanen, karena sesuai rundown acara TTG Presiden RI akan melakukan panen raya udang dan ikan bandeng di desa Dolago,”kata Sabarudin Kilis melalui sambungan telpon.

Saat ini, Kabupaten Parmout memiliki potensi tambak dengan luas mencapai 21.632 hektar. Namun, yang bisa dikelola baru sekitar 8.132 hektar. “Insya Allah tambak ikan bandeng dan udang yang akan dipanen oleh Bapak Presiden itu berada di kawasan 610 hektar,”ungkapnya.

Dari hasil peninjauan itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan katanya akan melakukan perubahan tambak tradisional itu menjadi tambak semi itensif.

“Nanti awal September Kementerian KP akan menurunkan tim untuk melakukan perubahan itu,”kata Sabarudin. Pada kesempatan itu Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian KP berjanji akan memberikan bantuan berupa alat excavator kepada kelompok tambak ikan dan udang yang selama ini terkendala alat berat dalam mengembangkan usahanya.

Soal berapa jumlah excavator yang akan diberikan, tergantung hasil peninjauan. “Pak Ditjen bernjanji akan memberikan bantuan itu kepada kelompok yang telah siap,” Ujar Sabarudin .

Reporter/ Biro Parmout: Fharadiba

Berita terkait